Code Name: MB4048 ???

Hey Ho Let’s Go!! Hey Ho Let’s Go!!

Wuahhh ngga kerasa deh 1 semester ini udh mau lewat aja. Banyak bgt hal-hal baru yg saya dapatkan selama 1 semester ini bersama MB4048. Eitsss, tunggu dulu broo, apaan sih emangnya MB4048 itu?? MB4048 itu sebenernya kode mata kuliah di SBM ITB yg bernama “Creativity and Innovation”. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah favorit saya loh selama saya kuliah di SBM ITB (bukannya gimana ya, tp emg pd kenyataannya saya suka bgt sama mata kuliah ini hehehe :p). Mata kuliah yg kerap dipanggil CI ini menurut saya telah memberikan banyak wawasan baru yg jarang kita dapatkan pd mata kuliah lainnya. Coba bayangin aja deh, mana ada sih mata kuliah yg disuruh bikin tugas via Blog selain CI?? Dengan mengaplikasikan fitur Blog pd internet sbg media pengerjaan tugas, menurut saya hal tersebut sangatlah menguntungkan baik u/ pihak dosen & tutor dalam memeriksa tugas, pihak mahasiswa dalam mengerjakan tugas & mencari referensi, serta pihak lainnya seperti para pembaca sekalian dalam menambah ilmu & wawasan.

Nah, kali ini saya mau membahas apa aja sih yg dipelajari di mata kuliah CI 1 semester ini?? Here it goes..

1. Learn how to thinking out of the box!

Yap, thinking out of the box memang suatu faham yg harus kita semua miliki agar menjadi orang yg bisa survive & leading the organization di masa kini & mendatang. Why? Ya kita tau sendiri lah ya kalo jaman skrg ini udh kerap kita dengar dengan kasus pembajakan lah, plagiarism lah, dll. yg bisa dibilang “bikin malu” negara terhadap pandangan negara-negara lainnya. Semenjak saya mengikuti mata kuliah CI, saya mendapat banyak sekali masukan baik dari segi moral maupun ide-ide kreatif yg bisa diaplikasikan pd kehidupan sehari-hari.

2. Open my eyes to see how these world works!

Mungkin agak bingung kali yah apa maksud dari point kedua ini. Well, intinya sih mata kuliah CI memberikan wawasan yg sangat luas kepada saya sehingga saya dapat membuka mata lebih lebar lagi dan lebih berani u/ mengajukan ide-ide yg mungkin bisa dibilang “ngga waras” demi kemajuan dunia di masa depan. Hal ini dimulai pd saat saya disuguhkan video mengenai NTT Docomo, suatu perusahaan pengembang IT di negara sakura sana, yg mana mereka memiliki mimpi-mimpi yg sangat tidak masuk akal, yaitu hologram telecommunication.

NTT Docomo membat suatu campaign tersebut dengan membuat video-video yg menggambarkan bagaimana kehidupan manusia di tahun 2020, 2030, dst. yg dipengaruhi dengan pemakaian teknologi hologram sebagai mediator u/ berkomunikasi satu sama lain. Video yg mereka buat bisa dibilang “niat abezzzz” soalnya emg bener-bener kyk beneran gitu teknologinya. Sekilas kyk lg nonton film IronMan & Transformer hehehe.

3. Do Everything with F-U-N

Yup, point ketiga ini menurut saya benar-benar real dan sangat essential bagi masa depan kita. When we do something with FUN, anywthing will be better and seems easier for us to do. Mata kuliah CI mengajarkan saya untuk berpikir konseptual secara lebih luas dalam menganalisis suatu masalah. Mungkin sudah banyak yg tau mengenai tantangan untuk menyambungkan ke-9 titik yg disusun seperti dibawah ini dengan 4 buah garis.

Saya yakin kebanyakann dari kita akan menjawab seperti ini:

Padahal, banyak cara lain yg bisa dilakukan untuk menyambungkan titik titik ini loh. Ada yg mencoba hanya dengan 3 garis, ada juga yg bisa dengan 1 garis, bahkan ada yg bisa menggabungkan titik-titik tersebut tanpa garis sekalipun! Dari sana lah saya mulai belajar bahwa setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan berbagai macam cara, it depends on how much FUN we can found in solving those problems.

The Heroes of CI 2011

Final words, saya mau mengucapkan banyak banyak terima kasih kepada seluruh keluarga MB4048, khususnya Pak Angger & Kak Bayu yg udh susah payah memberikan materi mengenai Creativity & Innovation selama 1 semester ini hehehe :p

Muhamad Adi Panuntun

Saya juga mau berterima kasih kepada Kak Adi Panuntun yg udh mau dateng ke SBM ITB buat ngajar jd dosen tamu di mata kuliah CI, what an honor to have a guest like you! Bagi yg belum  tau siapa sih Kak Adi Panuntun ini, coba deh kalian nonton film CI(N)TA lg dari awal sampe akhir, coba perhatiin pas ending credit udh mulai lewat, looks who’s the producer? YUP!! He is Mr. Adi Panuntun himself. Saya senang sekali Kak Adi bs berbagi pengalamannya baik di dunia perfilm-an maupun dunia enterpreneur krn pd dasarnya saya hobi menonton film & sering kali saya penasaran apa sih yg dilakukan oleh produser suatu film sampai-sampai film yg ia produseri bisa laku di pasaran. Ka Adi ini juga orang yg terkenal dengan hasil karya video mappingnya yg dimainkan di museum fatahillah Bandung. Udah lumayan lama jg sih saya mendapat info ttg video mapping ini, dan ketika saya lihat memang benar2 amazed!! Ehhh, ternyata pd kali ini saya malah bertemu sama orang dbalik video mapping itu sendiri, what a big surprise for me!! Poko’e seruu bgt deh sesi kuliah dosen tamu oleh Kak Adi Panuntun ini 😀

Budi Rahardjo

Nah, yg ga kalah serunya jg nih, kedatangan Pak Budi Rahardjo, yg bener-bener bikin saya ngakak selama beliau mengajar sebagai salah satu dosen tamu pd kuliah CI yg lalu. Awalnya, saya kira kuliahnya akan terkesan bosen & ngga seru, ehhhhh ternyata orangnya SERU ABIS!! Kebetulan nih beliau dan saya sama-sama demen musik, jd tiap bahan yg disampaikan beliau selalu klop dengan kepribadian saya sehari-hari. Yang selalu saya inget dr kata-kata beliau saat mengajar kmrn ialah “Abis ini (ngajar) saya solat, makan, terus……. nge-BAND!!” busettttt asik abis ni orang hahahaha. Trus pas dia bilang “Sebenernya saya ngga terlalu masuk dengan kata-kata Rock n Roll” pd saat slide pertama yg menggambarkan ttg kepribadian diri beliau, saya sempat berpikir “yaelah paling sukanya lagu-lagu lawas ni orang” ehhhhh ternyata beliau bilang “saya sih sukanya PROGRESSIVE ROCK!!” WUAHHHHH langsung saya melongo kaget diiringi kagum dengan selera musik beliau hahahaha. Ternyata ni orang emg bener-bener GOKIL!! Banyak banget hal yg saya dapat dari Pak Budi Rahardjo ini, mulai dari how to create a business sampai ke business development itu sendiri.

Dari segala sesuatu yg saya dapatkan dari mata kuliah CI ini, akhir-akhir ini saya menjadi terdorong untuk membuat suatu usaha baru yg dipadu dengan konsep-konsep inovatif yg saya dapatkan selama saya mengikuti mata kuliah CI ini. Yaa, doakan saja project yg akan saya mulai ini akan lancar dan membagakan baik nama SBM dan nama ITB itu sendiri. Sebagai bocoran aja nih hhe, saya lg coba bikin bisnis di bidang sepau khususnya premium boot shoes. Penasaran kyk gimana jadinya? Well, stay tunes with me here in my own freeland, my wordpresssssssssss….

Ogi Sefraldy

19008068

This entry was posted in MB4048. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

