Batik Keris Goes To The Next Level!

Welcome back innovators!

Pada kali ini, saya akan menuliskan mengenai potensi yg dimiliki oleh produk lokal Indonesia untuk goes to the next level, which is going abroad or we just can say Go International!!

Company yg saya pilih pd tulisan ini merupakan suatu company yg sudah tidak asing lagi didengar oleh para warga Indonesia dikarenakan produk-produknya yg sangat kental dengan kebudayaan Indonesia itu sendiri. Yap, tidak salah lagi mereka-lah Batik Keris!

Seperti yg kita ketahui, dunia fashion dari waktu ke waktu selalu berevolusi seiring perkembangan teknologi & zaman. Mungkin banyak dari kita yg berpikir bahwa Batik merupakan suatu pakaian/bahan yg identik dengan kata “tua” & “formal”. Stereotype tersebut muncul di benak kita karena sering kali kita melihat orang-orang yg mengenakan pakaian Batik tersebut berada dalam suatu situasi yg formal seperti pesta pernikahan, rapat, dan lain sebagainya. Menurut saya, stereotype seperti tersebut sebaiknya harus mulai diubah khususnya bagi para generasi penerus bangsa. Why Why Why??? Seperti yg kita ketahui bahwa Batik telah resmi diakui sebagai kebudayaan Indonesia sejak 2 Oktober 2009 silam setelah mengalami “perebutan kebudayaan” dengan negara tetangga. Pada dasarnya, Batik merupakan suatu seni yg mengaplikasikan teknik lukis pada kain tenunan sebagai bahan dasar pakaian. Mungkin sebagian besar corak & warna dari Batik itu sendiri terkesan “tua” dan “formal”, namun tidak menutup kemungkinan juga kalau Batik tersebut memiliki corak & warna yg lebih “youth” dan “simple”.

Navajo Shirt

Hal tersebut terpikir oleh saya ketika saya menemukan salah satu kemeja casual bercorakkan Navajo (Indians) yg sempat menjadi trend sesaat beberapa bulan yg lalu. Navajo sendiri merupakan salah satu bangsa Indian yg berasal dari Native America. Mereka memiliki kebudayaan yg bisa dibilang hampir sama dengan Batik-nya Indonesia, namun dengan corak yg berbeda pastinya. Dari pandangan itu-lah saya mulai berpikir begini “Kenapa orang-orang lebih suka corak Navajo daripada corak Batik? Padahal kan pada dasarnya sama saja, bahkan jauh lebih bagus corak Batik (menurut saya)”

Sekilas Mengenai Batik

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak “Mega Mendung”, dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

Innovation & Business Model

for Go International!

Nah, dalam rangka memajukan serta melestarikan budaya Indonesia agar lebih dikenal dan dipandang oleh bangsa lainnya, perlu kita garis-bawahi bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yg cerdas, kreatif, serta inovatif. Oleh karena itu, untuk memperkenalkan produk Batik agar lebih diterima oleh khalayak dari mancanegara, diperlukan suatu strategi baru dalam membuat business model yg tepat dengan modifikasi-modifikasi yg inovatif. Pada tulisan ini, saya akan berbagi kepada para pembaca mengenai ide-ide saya dalam memodifikasi business model dari Batik Keris itu sendiri agar dapat sukses dalam perdagangan International.

1. Make a Collaboration Project with Foreign Company

This one is definitely a brilliant idea if we want to gain popularity outside of our country. Dengan membuat kolaborasi project, misalkan dengan Zara, GAP, Topman, dll. yg sudah dikenal oleh hampir dari semua orang di dunia, secara otomatis orang-orang akan mulai aware dengan produk Batik itu sendiri. Why? Simple aja, coba saya bertanya kepada Anda para pembaca, berapa kali Anda mengunjungi gerai Batik saat Anda sedang berada di pusat perbelanjaan/mall? Saya yakin lebih dari 75% pasti menjawab jarang, bahkan sangat jarang. Menurut observasi & pengalaman yg saya miliki, hampir semua orang yg datang ke tempat perbelanjaan/mall lebih suka mengunjungi gerai pakaian casual. Nah, melihat potensi seperti itu, tidak ada salahnya apabila Batik Keris mencoba propose kerja sama dengan salah satu gerai pakaian-pakaian casual tersebut khususnya yg berasal dari luar Indonesia seperti Zara, GAP, Topman, dll. agar distribusi dari produk kolaborasi yg berhasil di-create tersebut dapat dinikmati oleh seluruh dunia.

2. Diversifikasi Produk

Seperti yg kita ketahui, produk Batik lebih sering ditemukan dalam bentuk pakaian formal dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menambah brand awareness dari para calon customer, Batik Keris sendiri sebenarnya memiliki potensi yg sangat besar dalam menambah variasi dari produk-produknya. Mungkin kalau saya bilang tas batik dan sendal batik masih terkesan umum rasanya. Trus, apa sih yg kira-kira bakal menarik perhatian para calon customer Batik Keris dari mancanegara? Sebelum saya memberikan pendapat, saya akan sedikit bercerita bagaiman pendapat orang luar terhadap kebudayaan Batik itu sendiri. Pd saat saya mengikuti kegiatan CIOFF tahun lalu, saya bersama teman-teman saya sempat mengenakan pakaian Batik saat acara pembukaan festival, di mana semua peserta memakai pakaian adat dari negaranya masing-masing. Nah, pd saat itulah saya menemukan sesuatu yg membagakan, ternyata orang-orang tersebut semua kagum dengan pakaian Batik yg kami kenakan pd acara tersebut. Bagi mereka, pakaian tersebut sangat unik dan berbeda satu dengan yg lain. Dari pandangan itulah saya menarik kesimpulan bahwa Batik tidak harus berbentuk pakaian saja untuk menarik perhatian customer mancanegara, bisa saja dalam bentuk Wallpaper, Bedsheet, Piring, Mug, bahkan lukisan sekalipun yg bercorakkan Batik. Dengan adanya diversifikasi produk seperti itu, saya yakin baik lokal customer maupun dari mancanegara akan mencari-cari Batik Keris demi mendapatkan items tersebut. 😉

Value Propositions

Batik Keris menawarkan produk Batik yg memiliki standard kualitas terbaik dengan mutu jahitan dan bahan dasar yg telah lulus quality control untuk dipasarkan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Selain itu, Batik Keris juga menyediakan tempat berbelanja yg nyaman dengan service pelanggan yg memuaskan. Kedua point tersebut merupakan kekuatan utama yg dimiliki oleh Batik Keris sehingga dapat menjadi top of mind dari semua orang mengenai produk Batik di Indonesia.

Customer Relationships

Dalam rangka menuju pasar International, Batik Keris memiliki beberapa program untuk menjalin hubungan yg lebih baik baik dengan calon customer maupun pelanggan setianya. Program-program tersebut ialah:

1. Member Card

Dengan adanya member card, para customer Batik Keris dapat mengumpulkan point yg didapatkan setiap pembelanjaan sebesar Rp100,000. Point-point tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai macam produk dari Batik Keris yg sesuai dengan  nilainya.

2. Online Shopping

Untuk mempermudah para customer baik yg berasal dari dalam maupun luar Indonesia, Batik Keris menyediakan layanan online shopping di mana para customer dapat memilih dan membeli produk yg mereka inginkan sesuai dengan katalog yg tersedia pada website.

3. Undian Berhadiah / Photo Contest

Batik Keris menambahkan fitur Undian Berhadiah bagi para customernya yg diundi setiap periodenya (4-5 bulan sekali) demi menambah daya tarik kepada para calon customer dari Batik Keris. Selain itu, Batik Keris juga mengadakan photo contest bertemakan Batik yg berhadiah jutaan rupiah!

Channels

Dalam memasarkan produknya ke mancanegara, Batik Keris harus memiliki tempat-tempat yg sesuai dengan target marketnya. Dikarenakan Batik Keris ingin dikenal sebagai produk yg premium, maka Batik Keris akan memilih beberapa butik terkenal sebagai mitra bisnisnya. Selain itu, sesuai dengan usul saya sebelumnya mengenai kolaborasi, Batik Keris jg akan secara otomatis memasarkan produknya melalui butik dari brand-brand yg telah sukses diajak berkolaborasi. Untuk produk-produk selain pakaian, Batik Keris juga merencanakan untuk memasukkan produk-produknya ke WalMart & Carrefour sebagai mitra bisnisnya.

Customer Segments

Tujuan dari Go International itu sendiri bagi Batik Keris bukan hanya untuk merambah keuntungan yg besar, namun untuk memperkenalkan warisan kebudayaan Indonesia terhadap masyarakat luar agar Indonesia lebih dipandang secara baik dan disegani. Oleh karena itu, customer segments dari produk Batik Keris harus dapat mencakupi seluruh batasan umur agar semua orang dapat menikmati indahnya kebudayaan Batik Indonesia.

Key Partners

Partner utama dari bisnis Batik Keris dalam usaha perluasan pasar ke mancanegara ialah para butik-butik retailer serta hypermarket yg memasok produk-produk mereka. Di samping itu, Batik Keris membutuhkan peranan yg sangat penting dari media partner demi memasarkan produk-produknya baik di dalam maupun luar negeri, serta dukungan dari pemerintah RI agar perdagangan Batik International tidak sukar untuk diaplikasikan.

Key Activities

1. Menawarkan produk dengan kualitas terbaik

Sebagai salah satu brand yg telah diakui sebagai pelopor Batik di Indonesia, Batik Keris harus dapat memberikan produk dengan kualitas terbaik agar tidak kalah dengan pesaing-pesaing lainnya yg telah banyak bermunculan seiring berjalannya waktu. Dengan kualitas yg terbaik, Batik Keris tidak akan mudah dilupakan dan para customer akan tetap royal terhadap produk-produk dari Batik Keris.

2. Memberikan pelayanan yg memuaskan

Banyak perusahaan Batik lainnya yg mungkin memiliki kualitas Batik se-level dengan kualitas Batik Keris. Walaupun demikian, Batik Keris masih sulit dikalahkan dikarenakan mutu pelayanan yg sangat memuaskan dengan concept store yg nyaman dan pramuniaga yg ramah, membuat para customer merasa senang apabila berbelanja di Batik Keris.

3. Menjalin hubungan baik dengan mitra bisnis

Sesuai dengan cita-citanya yaitu untuk memasarkan Batik ke mancanegara, Batik Keris harus menjalin hubungan yg baik dengan mitra bisnis-nya di negara-negara yg bersangkutan. Hal tersebut sangatlah crucial karena para mitra bisnis tersebut merupakan kunci utama dari sukses atau tidaknya dari pemasaran Batik Keris di negara-negara tersebut.

4. Menambah wawasan masyarakat mengenai Batik

Batik Keris memiliki tujuan untuk menambah wawasan masyarakat mengenai Batik itu sendiri melalui filosofi-filosofi yg terkandung pd hasil karya-karyanya. Sehingga, para customer tidak hanya menikmati produk Batik Keris sebagai barang pakai sesaat, namun dapat menimba ilmu yg terkandung pd tiap-tiap produknya. Dengan adanya fitur ini, Batik Indonesia akan semakin dikenal di dunia dan sejarah dari Indonesia sendiri akan semakin dikenal dari wawasan yg didapatkan di produk-produk Barik Keris itu sendiri.

Key Resources

Sumber daya utama yg juga harus dilestarikan oleh Batik Keris ialah para pengrajin-pengrajin batik tulis yg semakin ke depan semakin berkurang. Dengan membuat sebuah kelas training membatik yg dilatih oleh para sesepuh pegrajin batik yg dimiliki oleh Batik Keris, kebudayaan Batik tulis dapat selalu kita lestarikan sampai ke cucu-cucu kita.

Cost Structure

Dalam usahanya memperluas cakupan pasar ke mancanegara, Batik Keris harus memperhatikan beberapa cost structure berikut yg ditanggung oleh pihak Batik Keris itu sendiri.

1. Production

2. Promotion

3. Distribution

Pada tahap memperluas bisnisnya, Batik Keris tidak membuka single store pribadi melainkan melewati mitra bisnisnya di negara-negara yg bersangkutan. Oleh karena itu, hanya terdapat 3 jenis cost yg harus ditanggung oleh pihak Batik Keris, yaitu Production untuk mem-produksi kain Batik itu sendiri; Promotion untuk mengenalkan produk-produknya baik ke dalam negeri maupun luar negeri; serta Distribution untuk biaya pendistribusian produk Batik itu sendiri mulai dari pengiriman, perizinan, bea cukai, sampai ke handling & warranty.

Revenue Streams

Dengan suksesnya perluasan pasar dari Batik Keris ke mancanegara, sudah pasti GDP dari negara Indonesia akan semakin membaik ke depannya. Selain itu juga, dengan kesuksesan dari Batik Keris juga dapat dijadikan contoh real bagi perusahaan lokal lainnya untuk Go International demi mensejahterakan masa depan ekonomi Indonesia di kemudian hari.

Revenue yg dihasilkan oleh Batik Keris juga tidak hanya untuk dinikmati bagi pemegang saham Batik Keris semata, melainkan juga untuk menyejahterakan kelangsungan hidup dari para pengrajin Batik di Indonesia agar kebudayaan Batik tetap selalu dijunjung tinggi oleh kita para generasi penerus bangsa. Kemajuan teknologi & zaman juga dapat menambah keuntungan bagi Batik Keris itu sendiri dengan adanya kemudahan-kemudahan yg dihasilkan.

Conclusion

Naaah, setelah baca-baca mengenai business model di atas, tidak menutup kemungkinan dong kalau Batik Keris bisa menjadi salah satu pelopor dari suksesnya produk Indonesia di kancah International. Para “bule” sebenarnya suka banget kok sama yg namanya Batik. Jangankan yg berbahan sutra, Batik katun aja bagi mereka udah WOW bgt. Dari situ aja udh jelas dong ya kalo Batik tuh potensi-nya sangat amat besar untuk di-ekspansi ke luar negeri. Apalagi semenjak diakui oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009 silam, makin kuat aja deh filosofi dari Batik itu sendiri sebagai warisan budaya Indonesia.

Singkat cerita, mari kita semua membudayakan Batik! Ngga perlu dijadikan pakaian juga kok, bisa juga dijadikan bedsheet, gorden, taplak meja, atau yg lainnya. Jangan sampai warisan kita ini yg sudah susah-susah dipertahankan keberadaannya dari “cengkeraman” tetangga sebelah malah lebih dinikmati oleh mereka. Kalau saya pribadi sih lebih suka kalau bahan Batik dijadikan bedsheet soalnya ademmmmm beneeeeerrrrrrr… ;p

Sekian tulisan saya kali ini. Mohon maaf apabila banyak yg ngawur & sok tau. Wong namanya jg berpendapat yah heheheh..

Viva la Indonesia,

Ogi Sefraldy

19008068

Advertisements
This entry was posted in MB4048. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s