“Nugas di Internet?”

Hello World!

Sesuai judul dari post ini, kali ini saya akan membahas mengenai apa sih keluh kesah-nya bikin tugas via internet. Secara umum, semua orang di dunia ini pasti udh pada kenal baik sama yg namanya internet. Liat aja tiap hari hampir semua orang pasti kalo ngecek facebook & twitter-nya, bahkan ada jg yg tiap detik dipantengin terus tuh account-nya. Nah, di pembahasan kali ini, saya akan coba berbagi pengalaman saya dalam mengerjakan tugas di internet. Ya salah satu-nya adalah blog ini yg ditujukan sebagai sarana tugas menugas untuk mata kuliah Creativity & Innovation di SBM-ITB.

Mungkin semua org berpikir kalau nugas di internet itu gampang, simple, & cepet. Tetapi, di balik itu semua sebenarnya banyak kendala-kendala yg bisa kita hadapi dalam situasi & kondisi tertentu. Sebagai contoh simple-nya aja, dalam membuat blog ini, kebetulan saya sedang berada di bekasi (baca: rumah) & apes-nya lagi internet rumah saya sedang down karena hujan yg cukup lebat semalam. Karena akses menuju internet terhambat, biasanya niat kita untuk mengerjakan tugas via internet akan berkurang bahkan hilang sama sekali. Namun, sebenarnya tiap kendala itu pasti ada solusinya kok. Kebetulan saya pemakai gadget BlackBerry yg mana memiliki akses internet yg bisa dibilang cukup cepat. Selain itu, aplikasi wordpress juga sudah bisa didownload secara gratis oleh para pengguna BlackBerry sehingga kita dapat selalu meng-update blog kita kapan-pun & di mana-pun. Luckily, ternyata saya membawa modem wifi portable saya ke rumah sehingga saya ngga perlu menulis blog di layar BlackBerry saya yg besarnya tidak lebih dari 4 jari.

Kendala lain yg mungkin terjadi dalam membuat tugas di internet ialah, hacked account. Yup, I know it sucks saat kita mengetahui bahwa account kita (baca: email, social network, blog) dihack oleh orang lain. Oleh karena itu, kita perlu waspada dan hati-hati dalam mengakses account pribadi milik kita melalui internet. Jangan sampai lupa untuk selalu me-log out account-account kita setelah pemakaian internet, karena terkadang kita suka lupa untuk tidak log-out terlebih dahulu setelah pemakaian internet. Hal ini sering kali saya alami apabila sedang mengakses account email & social network saya melalui komputer kampus. Untungnya, komputer kampus saya dilengkapi fitur “freeze” sehingga tiap kali di-restart, maka database-database baru yg ada di dalamnya akan hilang beserta history yg ada di internet. Emg sih ngga ada untungnya hacking account org lain, namanya juga orang iseng emg kurang kerjaan. :S

Nah, yg berikut ini menurut saya merupakan salah satu kendala yg cukup dicermati bagi kita dalam membuat tugas di internet, yaitu Plagiarism. Mendengar namanya aja kita udh langsung “ngeh” kan kalo tingkat plagiarism itu sangat tinggi, apalagi di kalangan mahasiswa & pelajar hehehe. Ya, saya jg mengakui tidak sedikit dari tulisan saya di blog ini yg berasal pure langsung dari diri saya sendiri. Banyak referensi yg saya pakai jg, maka dari itu saya sering mengatakan “I’ll use Google before asking dumb question.” Ya, semua itu memang berawal dari kesuksesan Google dalam mebuat sebuah search engine di internet. Dengan adanya Google, kita tinggal menulis kata kunci dari topik yg akan kita cari dan dalam 0.01 detik, VOILA!! muncul-lah list-list dari link yg terkait dengan pencarian kita. Google memang sangat mempermudah kita dalam mencari info-info, namun dapat juga menjadi boomerang bagi kita apabila tulisan kita di-search melalui Google dan ternyata DANG!! ada link yg berisikan tulisan yg sama. Makanya, dalam mengatasi hal-hal seperti tersebut, saya seringkali menuliskan sumber referensi dari tulisan-tulisan saya, baik yg berupa copy-paste setengah mateng maupun yg pure copy-paste hehehe.

Oke deh, akhirnya sampai jg di penghujung tulisan saya kali ini. *phew* Ngga deeeeeeng, saya msh mau berbagi pengalaman baik jg mengenai nugas di internet hha. Simple-nya sih, nugas di internet itu ngga perlu buang-buang kertas, save the energy, less waste, etc. Coba aja bayangin kalau kita disuruh membuat tugas dalam bentuk hardcopy, udah lama ngerjain tugasnya, format sana sini biar hasil print-nya oke, belum lagi ditambah ngejilid kalau tugasnya menghabiskan berlembar-lembar kertas. Meeh, so not 2011.. *sotoy*

Selain itu jg, dengan adanya fiture mengerjakan tugas di internet via blog maupun lainnya, kita dapat dengan mudah menunjukkan dan menjelaskan topik yg sedang kita bicarakan melalui YouTube, Vimeo, Flickr, etc. agar pembahasan materi tidak terasa kaku dan membosankan. Di samping itu pula, dengan metode tugas di internet yg dipublish dan dapat dilihat oleh seluruh orang di dunia, tulisan kita bisa saja mendapatkan award karena memang fantastis dan bisa jg menjadi bahan referensi bagi para pembaca lainnya mengenai topik tersebut. Jadi, menulis tugas di internet itu sangatlah bermanfaat baik bagi kita sendiri maupun orang lain dan dunia. Dengan kata lain, kita jg dapat berbagi ilmu dengan org lain, dan who knows that Mr.President will also read our works. \m/

Okay, that’s all for today folks. Thanks for reading this post and I hope that we can share our experiences through internet. Well, keep being creative & innovative until the rest of our life. See ya!!

Advertisements
This entry was posted in MB4048. Bookmark the permalink.

One Response to “Nugas di Internet?”

  1. satriyabisniss says:

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://satriyabisniss.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s