It’s All About The Swoosh and Their Legacy!

Heyya para inovator!

Kali ini saya akan membahas mengenai salah satu brand yg sudah ngga asing lg didengar oleh kita. Yup! It’s the mother of all sneakers, the trendsetter of basketball shoes, the creator of “build-your-own” shoes, and off course the leader of running shoes, it is NIKE! Pernah penasaran nggak sih kenapa mereka kasih nama brand sepatunya itu Nike? Well here’s some story ’bout it:

Nike

Kata “NIKE” itu diambil dari salah satu nama Dewi Yunani sana, yg melambangkan akan simbol kemenangan. Nike didirikan tahun 1964 ketika atlet sekaligus pengusaha Oregon bernama Phillip Knight, menggagas impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing dengan merek Jerman seperti Adidas dan Puma yang kemudian mendominasi pasar Amerika Serikat. Keuntungannya adalah bahwa sepatu Jepang lebih murah karena tenaga kerja lebih murah di Jepang.

Dari tahun ke tahun, Nike telah berhasil membuat suatu inovasi besar di mana mereka dapat menstimulan orang-orang untuk membeli produk mereka melalui campaign-campaign serta sponsorship yg mereka tawarkan kepada atlet-atlet, baik lokal maupun internasional. Berikut adalah beberapa informasi yg penting untuk kita ketahui seberapa besar inovasi yg telah dilakukan Nike dalam memasarkan produknya. Cekidot brader!

TECHNOLOGY INNOVATION

Woohoo! Siapa sih yg ngga tau kalau Nike itu sering banget bikin inovasi teknologi pada konstruksi sepatu-sepatunya? Coba aja kalau ke Mall atau ke toko sepatu gitu, pasti di bagian Nike suka ada beberapa informasi mengenai Their Newest Technology inside their shoes! Contohnya nih, NIKE SHOX di mana mereka menambah atribut menyerupai per pada bagian sol sepatu. Hal ini ditujukan untuk menambah tingkat kenyamanan bagi pemakainya. Awalnya, teknologi ini ditujukan pada sepatu-sepatu basket mereka, dan pada saat pertama kali launching, they set the price off to the sky! around 1,5 million rupiahs. Namun, walaupun harga yg mereka tawarkan sangatlah tinggi (pd saat itu, harga 800rb saja sudah bisa mendapatkan sepatu Nike Premium), tidak menutup opportunity mereka dalam mendapatkan customer yg mau membeli sepatu tersebut. Yaa, bisa dibilang saya juga salah satu org tersebut hahaha (yeah, I’m a sneaker addicts!) Nah, buat penjelasan yg lebih teknisnya, berikut saya kutip dari salah satu situs yg membahas mengenai inovasi teknologi pd sepatu Nike:

Shox Technology

NIKE SHOX

All road cars have shock absorbers meant to give a smooth ride. Nike took this concept and applied shock-absorber-like columns on the heel area of their shoes featuring this technology. This gives the runner something very similar to an independent suspension of a road car. The effect is more traction and cushioning that adapts to where it is needed.

Lunar Lite

NIKE LUNAR LITE

The Nike Lunarlite foam that has just gained popularity is Nike’s inner material of choice among their top running shoes. The Lunarlite material was meant to give an experience very unique to Nike running shoes.

Zoom Air

NIKE ZOOM AIR

The Nike Zoom Air is a thin material that provides cushioning inside the midsole of the shoe. Depending on the application this can be segmented into the heel and toe, lay flat on the entire stretch of the shoe, or even just be present in the forefoot portion of the running shoe. Nike developed this technology to provide cushioning while maintaining extreme responsiveness.

Flywire

NIKE FLYWIRE

This is one of the newer technologies introduced by Nike. The Flywire technology tries to eliminate slippage of foot during running.

Naah, itu dia beberapa teknologi yg Nike buat dalam menginovasikan produk-produk sepatunya. Sebenernya masih banyak teknologi lainnya, tapi 4 inovasi di atas merupakan inovasi teknologi yg paling fantastis yg pernah mereka buat.

PROCESS INNOVATION

Dalam sejarahnya, Nike juga telah melakukan banyak inovasi terhadap proses yg mereka lakukan baik dalam pemasaran maupun operasionalnya. Dalam pemasarannya sendiri, image baik Nike terbentuk pada awalnya dikarenakan produk-produk mereka banyak dikenakan oleh para atlet olimpiade pada saat itu. Seiring berubahnya zaman, Nike juga membuat inovasi yg mengikuti trend lifestyle masyarakat setempat. Mulai dari zaman populernya breakdance, musik hip-hop, sampai akhirnya mereka membuat trend sendiri yaitu pd saat mereka pertama kali launching sepatu basket yg dinamakan “AIR JORDAN”.

NIKE AIR JORDAN

Pasti semua udah ngga asing lagi kalau dengar nama JORDAN ya? Yup, he’s the legend of basketball player from time to time. Pada saat itu, penjualan Nike sangat amat meningkat dikarenakan produk Air Jordan mereka. Bahkan menurut para sesepuh sneakers addicts di USA, bisa dipastikan bahwa pada saat itu minimal satu orang memiliki sepasang sepatu Nike Air Jordan. HOLY SWOOSH!!

NIKEiD

Dilihat dari sisi operasionalnya, Nike juga memiliki inovasi di mana para pelanggan memiliki peran serta yg sangat penting dalam pembuatan sepatunya. It called the “NIKEiD”. NIKEiD merupakan suatu gebrakan baru oleh Nike di mana para pelanggan bebas mengcustomize sepatunya mulai dari warna, corak, sampai penambahan atribut-atribut lain sesuai selera mereka masing-masing. Yaa, layanan tersebut memang membutuhkan cost yg lebih besar karena mereka tidak memproduksi secara massal, oleh karena itu para pelanggan juga harus rela untuk merogoh koceknya mulai dari $150-an untuk satu pasang sepatu saja. Buat para pencinta sneakers, inilah kesempatan bagi kalian untuk memiliki sepatu one-of-a-kind yg sangat prestigius dan berkelas.

PRODUCT INNOVATION

Seperti yg kita ketahui, Nike juga memiliki diversifikasi pada produk-produknya. Ngga cuman sepatu, apparel & accessories lainnya juga ada bermacam-macam. Dari mulai jersey bola yg punya teknologi Dri-Fit yg memungkinkan badan pemakainya tetap sejuk. Di kostum ini ada zona-zona ventilasi terdiri dari ratusan lubang mikro(lazer cut holes), yang memungkinkan udara mengalir. Selain itu, belakangan ini Nike juga sedang gencar-gencarnya membuat produk lifestyle-nya yg dinamakan Nike Sportswear (NSW). Basicnya sih sama saja seperti produk-produk Nike lainnya, namun NSW didesign lebih artistic dan modis karena tujuannya memang untuk para pencinta fashion.

NIKE SPORTSWEAR

Yang paling saya kagumi dari inovasi produk mereka ialah, Nike selalu mencoba meng-expand produk-produknya diiringi dengan teknologi-teknologi yg tidak mereka hapuskan dari produk itu sendiri. Seperti sepatu Nike Air Max yg pd saat ini sedang digandrungi oleh para remaja krn model & warna-nya yg ciamik, tetap dilengkapi oleh fitur Air Max-nya itu sendiri yg memberikan kenyamanan pd kaki penggunanya saat berjalan maupun berlari. Lalu, Nike juga melakukan kolaborasi terhadap Apple iPod untuk mendeteksi kondisi detak jantung ketika sedang berlari/jogging. Mereka memang selalu terdepan dalam hal-hal tersebut, buktinya terlihat ketika orang-orang lebih memilih produk fashion seperti Zara, Topman, Gap, dan lainnya, Nike cepat tanggap dan langsung membuat line product terbaru yg isinya mulai dari jaket, sweater, hingga coat-pun tersedia di dalamnya. BENAR-BENAR LUAR BIASA!!!

BUSINESS MODEL INNOVATION

Ditinjau dari sisi business modelnya, Nike memiliki inovasi yg mungkin bisa dibilang sangat complicated karena mereka tidak hanya menargetkan produk mereka untuk beberapa kalangan, namun semua kalangan dari muda sampai tua.

NIKE FOOTBALL

Bagi pencinta olah raga permainan, Nike menawarkan product Nike Football untuk yg senang menikmati sepakbola,

NIKE BASKETBALL

Nike Basketball bagi pencinta olahraga basket,

NIKE TENNIS

Nike Tennis yg ditujukan kepada para fanatik tennis dan fans dari Roger Federrer,

NIKE GOLF

Nike Golf bagi mereka yg hobi bermain golf dan mengidolakan Tiger Woods,

NIKE RUNNING

Nike Running bagi para jogging mania dan gym class heroes :D,

NIKE SWIM

Nike Swim yg cocok untuk perenang-perenang yg menginginkan pakaian renang terbaik,

NIKE SB

Nike Skateboard yg didesign khusus untuk para pemain skateboards baik pemula maupun pro, dan lain sebagainya.

Selain itu, Nike juga membuat konsep bagi para pencinta fashion yaitu dengan melahirkan Nike Sportswear, yg isinya biasa didominasi dengan produk-produk yg memiliki seni dan kualitas yg tinggi. Mereka juga seringkali membuat kolaborasi dengan artis-artis design seperti Staple, Parra, Atmos, dsb. dalam pembuatan produk sneakers mereka, yg biasanya diproduksi dalam kuantitas sangat terbatas.

NIKE x PARRA

 

THE CONCLUSION

JUST DO IT!

Nahh, setelah sekian panjang saya membahas ttg inovasi-inovasi dari Nike, dapat ditarik kesimpulan yg sangat berarti dari mereka, yaitu JUST DO IT! Maksudnya ialah jangan pernah takut untuk berinovasi dan teruslah tumpahkan ide kreativitasmu dalam mengembangkan karya yg sudah ada sebelumnya. Bagi para entrepreneur muda, teruslah berkarya dalam menciptakan pasar baru dan jangan pernah menyerah apabila menemukan hambatan-hambatan dalam menjalaninya. Justru hambatan-hambatan itulah yg mendorong kita untuk mencari resep yg paling ciamik dalam menghadapi persaingan global yg makin besar sampai saat ini. Punya ide yg gila? Coba aja dicari tau dulu kemungkinan-kemungkinannya, begitu 1% dari ide tersebut memungkinkan untuk diaplikasikan, jangan pantang menyerah, terus terus dan teruslah cari cara sampai persentase tersebut mencapai 100%. Jangan sampai 1% yg telah kita miliki malah diambil alih oleh org lain krn kita menyerah duluan di awal perjalanan.

Oke deh, sekian kata-kata dari saya. Semoga post ini sangat membantu para teman yg ingin terus mengembangkan kretivitas dan inovasinya. Mohon maaf ya kalo ada info-info yg kurang atau salah 🙂

Oh ya, sekedar tambahan aja nih, saya mau tampilkan video iklan Nike yg benar-benar out of the box!

Advertisements
This entry was posted in MB4048. Bookmark the permalink.

2 Responses to It’s All About The Swoosh and Their Legacy!

  1. Bayu says:

    im amazed….

  2. Ogi Sefraldy says:

    @ka bayu

    makasih ka, semoga post saya ini bisa ngebuat kita lebih membuka mata dalam melakukan suatu inovasi hehehehe
    aminn!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s