Creativity x Innovation

Pada era informasi seperti saat ini, teknologi telah menjadi salah satu faktor paling vital yang menopang kehidupan manusia.  Penggunaan teknologi telah berkembang ke banyak aspek dalam kehidupan manusia.  Dapat dikatakan bahwa segala macam kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia, semua itu tidaklah lepas dari keinginan manusia itu sendiri untuk terus berkembang dan berkembang.  Keinginan manusia untuk terus berkembang tersebut, menjadi salah satu dasar dari kesadaran manusia untuk menciptakan sebuah karya baru.  Dalam kaitannya dengan penciptaan karya-karya baru tersebut itulah, munculah suatu istilah yang disebut sebagai kreativitas dan kreativitas itu sendiri hanyalah merupakan sebuah bagian awal dari lahirnya sebuah terobosan baru yang bermakna bagi banyak manusia yang biasa disebut sebagai Inovasi.

Ada yang tau bedanya antara kreativitas dengan inovasi? Mungkin terkesan memiliki makna yang sama, namun pada kenyataannya kedua hal tesebut berbeda dalam definisi dan aplikasinya.

Kreativitas merupakan suatu proses di mana kita menemukan sebuah gagasan/konsep yang baru dan belum pernah ada sebelumnya. Penemuan hubungan baru antara konsep-konsep yang telah ada sebelumnya juga dapat dikatakan sebagai hasil dari proses kreativitas. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.

permainan gila dari orang Jepang yg mengandalkan otak kanan

Lain halnya dengan inovasi yang memiliki makna “proses” dan/atau “hasil” pengembangan dan/atau pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan.

salah satu bentuk inovasi dari layar monitor

Trus, apa sih bedanya antara kedua kata tersebut??

Jadi gini, kreativitas berbeda dengan inovasi, dimana kreativitas biasanya digunakan untuk merujuk kepada tindakan menghasilkan ide-ide baru, sedangkan inovasi adalah proses membuat dan menghasilkan ide-ide kreatif pada beberapa konteks tertentu.

Berikut adalah karakteristik dari orang kreatif:

  1. Ingin tahu
  2. Mencari masalah
  3. Menikmati tantangan
  4. Optimis
  5. Suka berimajinasi
  6. Melihat masalah sebagai peluang
  7. Melihat masalah sebagai sesuatu yang menarik
  8. Masalah dapat diterima secara emosional
  9. Tidak mudah menyerah

Kesimpulannya, Kreativitas dan Inovasi menjadi salah satu kata kunci dalam bisnis. Kreativitas meresap ke dalam tindakan-tindakan bisnis perusahaan, baik di dalam maupun di luar perusahaan, demi pelayanan dan kebaikan. Kolaborasi dan kerja sama didukung dalam perusahaan. Kejujuran dan integritas menjadi kata kunci dan dipraktikkan. Kesuksesan perusahaan dan kesuksesan bisnis dirasakan oleh semua bagian perusahaan dan para pemangku kepentingan, sedemikian rupa sehingga aura sejahtera perusahaan pun dirasakan oleh para pelanggannya, serta perekonomian. Sebuah paduan harmonis antara karakter dan kompetensi bisnis. Semakin mendesak kebutuhan dunia akan orang-orang kreatif. Mereka adalah orang-orang yang mampu menemukan dan/atau menciptakan peluang di balik kekrisuhan dan kepanikan dunia akibat krisis global. Kreativitas memicu inovasi. Praktik kreativitas meluas tidak hanya individual dan bisnis, tetapi juga sosial. Begitu pula dengan inovasi, tidak saja individual dan bisnis tetapi juga sosial. So, which one are you?

Advertisements
This entry was posted in MB4048. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s